Perawatan Bayi Baru Lahir

Merawat bayi dengan cara yang salah seharusnya tidak boleh terjadi karena dapat membahayakan buah hati kita.

Agar tidak repot nanti setalah sang induk melahirkan sebaiknya, induk kelinci yang akan melahirkan dipisahkan dengan kelinci lainnya, jangan dicampur di satu kandang, ini nantinya agar memberi kelulasaan pada si bayi agar tidak terijak-injak dengan kelinci lainnya. Selain itu, apabila ingin memandikan bayi, sebaiknya mandikan bayi 30 menit sebelum waktu minum ASI berikutnya, ini untuk mencegah perut kembung atau gangguan perut (Stomach Upset) pada bayi. Hal ini juga dilakukan agar setelah mandi bayi akan minum lebih lahap dan tidur lebih lelap yang bagus untuk perkembangannya. Prematur anak membutuhkan perawatan tambahan dan kesabaran. Perlu diingat, bahwa Anda perlu tidak terlalu khawatir ketika bayi Anda mungkin tidak tumbuh secepat bayi yang lahir normal. Berpikir positif akan membantu Anda menghadapi masalah dengan cara yang lebih mudah. Tunjukkan kasih sayang Anda untuk si bayi karena penting untuk perkembangannya.

Bayi prematur lebih berisiko mengalami Hipotermia karena lemak coklat ditubuhnya belum ada atau sangat sedikit. Lemak coklat ini terbentuk pada akhir kehamilan trimester ketiga dan berfungsi dalam menghasilkan energi pada saat bayi kedinginan. Selain itu Hipotermia ini disebabkan oleh jaringan di bawah kulit bayi prematur yang masih tipis dan belum matang (imatur), sehingga kulit terlihat tipis, transparan, dan tidak dapat melindungi tubuh dari dingin secara optimum. Belum lagi, bayi prematur belum mempunyai kemampuan untuk menghangatkan tubuhnya dengan jalan menggigil, posisi frog position (katak) sehingga juga menyebabkan bayi tidak bisa merangkul atau midline place saat kedinginan dan cadangan gula yang tidak memadai di tubuhnya.

Posisi yang salah dari bayi juga bisa menyebabkan luka pada puting ibu. Kadang-kadang bayi menarik bibir bawahnya dan mengisapnya, menimbulkan iritasi pada puting. Bila hal ini terjadi, ibu dapat melepaskan bibir bayi dengan jari ibu. Anda harus optimis bahwa si kecil akan tumbuh normal seperti bayi yang lahir regular. Bayi prematur akan mengejar ketinggalan dalam pertumbuhan dan perkembangannya. Setelah usia 2 tahun, anak Anda tampak tidak berbeda dengan anak lainnya. Siapkan perlengkapan mandi di dekat bak mandi dan ajak ayah atau anggota keluarga lain untuk membantu.

Memberi susu pada bayi kelinci terus berlangsung sampai usia 2 minggu. Setelah usia dua minggu ajarilah bayi kelinci untuk memakan daun yang lembut seperti seledri karena pada usia 2 minggu bayi kelinci sudah boleh untuk mencari makanan sendiri di luar dalam kasus artinya pemberian susu sudah boleh dihentikan dna diganti dengan makanan kelinci seperti rumput dan seledri terlebih dahulu.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s